Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pamulang melakukan pendampingan kepada program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang. Berdasarkan Peraturan Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Pengalihan Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi Ke Lembaga Akreditasi Mandiri, maka Prodi PPKn termasuk kedalam salah satu program studi yang mengajukan akreditasi ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Program studi PPKn merupakan salah satu dari program studi kependidikan yang ada di Universitas Pamulang yang masa berakhir akreditasinya yaitu tanggal 24 Oktober 2022 dengan status akreditasi B. Dalam rangka mempersiapkan akreditasi program studi PPKn, maka lembaga penjaminan mutu Universitas Pamulang mengadakan pendampingan untuk prodi PPKn pada hari Rabu, 9 Maret 2022.

Kegiatan pendampingan dihadiri oleh Ketua LPM yaitu Dr. Imam Syofi’i., S.Ag., M.Ag., M.Pd; wakil ketua LPM : Uswatun Chasanah, M.P; Koordinator bidang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal  (SPME): Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd; berserta tim SPME yaitu Feb Amni, M.M dan Bima Gunatara SH., MH; selain itu acara ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sekaligus Ketua Program Studi  yaitu Drs. H. Alinurdin M.Pd,; serta bapak/ibu dosen tim pengembang Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai bagian dari tim akreditasi prodi.

Pemaparan materi terkait dengan persiapan akreditasi prodi PPKn disampaikan oleh ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pamulang yaitu Dr. Imam Syofi’i., S.Ag., M.Ag., M.Pd, terkait dengan regulasi yang mengatur LAMDIK serta alur pelaksanaan LAMDIK. Sedangkan materi berikutnya terkait dengan instrumen LAMDIK dan persiapan akreditasi yang telah dipaparkan oleh koordinator Sistem Penjaminan Mutu Eksternal yaitu Aulia Nursyifa, S.Pd., M.Pd.

 

Setelah dilakukan pemaparan materi terkait dengan akreditasi LAMDIK, kemudian dilakukan sesi diskusi antara LPM dengan Program Studi PPKn.

Ketua LPM Dr. Imam Syofi’i., S.Ag., M.Ag., M.Pd, menerangkan: ”Prodi PPKn dapat segera mempersiapkan segala kebutuhan terkait dengan akreditasi Prodi PPKn dengan menggunakan LAMDIK, Tim SPME LPM akan mendampingan tim akreditasi Prodi PPKn untuk persiapan akreditasi”.

Selaras dengan pendapat Ketua Program Studi PPKn Drs. Alinurdin M.Pd :”Prodi PPKn akan mempersiapkan secara intensif berbagai dokumen pendukung akreditasi dan segera melakukan penyusunan laporan evaluasi diri, semoga hasil akreditasi Prodi PPKn mendapatkan nilai maksimal”.

Sedangkan Ketua SPME  Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd menambahkan : “Prodi PPkn dapat mempersiapkan akreditasi dari mulai pembentukan tim, pembuatan jadwal, pembuatan member Lamdik, persiapan dokumen baik secara kuantitatif dan kualitatif, pengajuan akreditasi, serta pelaksanaan akreditasi program studi”.

Guna mempersiapkan akreditasi prodi PPKn maka dibutuhkan kerjasama semua pihak agar Prodi PPKn dapat terakreditasi sesuai dengan harapan bersama. Prodi PPKn menjadi prodi pertama di Universitas Pamulang yang menggunakan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), oleh karena itu akreditasi prodi PPKn dapat memberikan pengalaman bagi prodi lainnya di Universitas Pamulang.

Comments are closed