Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, LPM – LP3 Integrasikan Kurikulum dengan Warek 1 Universitas Pamulang


Jumat, 04 Oktober 2019

Pamulang – LPM dan LP3 menyelenggarakan rapat internal terkait integrasi kurikulum. Kegiatan internal rapat kali ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Pamulag Dr. E. Nurzaman A.M., M.M., M.Si Kegiatan rapat internal diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti program kerja Wakil Retor 1 dan wakil rektor 3 yang akan menjadi salah satu unsur penting dan saling berintegrasi dalam menyusun borang. Hal tersebut tidak lain disebabkan karena kurikulum pembelajaran di era modern ini sangat berkaitan dengan kemahasiswaan. Dengan kata lain, untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi, bermutu dan berkarya, juga harus didukung dengan desain kurikulum yang baik. Desain kurikulum yang baik juga sebagai dasar untuk bisa mendesain lembaga yang bermutu. Hal ini dikarenakan pada masa kini perkembangan standar borang cukup dinamis. dan tentunya berbeda dengan desain borang-borang sebelumnya.

Rapat internal ini juga membahas tentang kurikulum berbasis KKNI, sistem kurikulum, RKPS, integrasi kegiatan penelitian dan PKM dalam pembelajaran, dan produk-produk dalam pembelajaran yang akan mengaitkan dengan link eksternal, artikel dan jurnal.

Pimpinan LP3 dan LPM

Integrasi kurikulum sendiri mencakup beberapa hal. Pertama, model integrasi yang mencakup unit, Teaching Factory, dan akademik. Kedua, alternatif model pelaksanaan yang mencakup harian, mingguan, dan semesteran. Ketiga, percepatan masa studi dan tugas akhir yang mencakup skripsi, Komprehensif, project work, artikel, dan kekayaan Intelektual. Keempat, dokumen kurikulum yang mencakup kurikulum KKNI, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, distribusi mata kuliah, peta kurikulum, deskripsi mata kuliah, RPS, bahan ajar, dan modul. Adapun integrasi kurikulum dalam rangka menyamakan persepsi.

“kita sama-sama mendalami regulasi, sama-sama mengkaji dan mencermati lagi bersama. Jangan sampai ada persepsi yang berbeda. Kalau frekuensi sama lebih mudah menyesuaikan” Papar Warek 1. (ZN)